Pages

Kamis, 20 Maret 2014

Decoder atau Codec Pada Film

Pernah dengar kata decoder ? decoder yang dimaksud disini adalah decoder film atau disebut juga sebagai codec,
salah satu contoh nya adalah judul, pernah liat judul film download an kaya gini?

Frozen 2013 TS x264 AC3-MiLLENiUM

Nah, di judul itu, yang termasuk decoder adalah x264, mau tau apa itu codec dan contohnya? baca yuk..

1. Pengertian
Codec adalah istilah dari singkatan “compression/decompression”, atau bisa juga “compressor/decompressor” atau juga “code/decode”. dimana fungsinya adalah untuk mengkompress dan mengekstrak file video.
Seperti kita ketahui standard video adalah Mpg, Mpeg, dan AVI dengan Ukuran filenya sangat besar, Untuk merubah ukurannya menjadi kecil agar dapat diputar di hp dilakukan sistem pengompresan yang kita kenal file vide hasil kompresan adalah 3Gp, Mpg4, fly, dll. suatu saat agar dapat dikembalikan ke format Mpg, avi harus melakukan proses decomress.
Selain digunakan untuk media player, codec juga dibutuhkan bagi orang yang ingin mengedit audio maupun video, karena aplikasi  editing audio maupun video tidak menyertakan codec untuk format audio maupun video lainnya, sehingga anda perlu menginstall codec agar dapat mengedit audio dan video tersebut.
Ada banyak software codec yang dapat anda download di Internet, disini akan ditampilkan beberapa kodek yang lengkap dan yang sering digunakan orang, dan dengan kodek ini saya rasa cukup untuk kebutuhan player dan editing audio serta video anda

2. Macam Macam Jenis Codec
DivX (Digital Video Express)
Lebih dikenal dengan Divx-codec keluaran DivX,Inc. Kompresinya menggunakan standar MPEG-4 . File AV hasil kompresinya tetap ber-Extensi *.avi, memiliki ukuran file yang lebih kecil tetapi kualitas-nya tetap terjaga. Dalam kompresinya, DivX codec ini biasa bersanding dengan format Mp3 untuk audionya.

XviD
XviD? kebalikannya DivX itu mah :P. XviD merupakan versi gratis atau istilah kerennya OpenSource dari DivX jadi tetap juga menggunakan Kompresi standar MPEG-4 . Saat ini, XviD merupakan kompetitor utama untuk DivX. Kelebihan utamanya dibanding DivX adalah kemampuannya untuk dijalankan diberbagai platforms dan OS. File hasil kompresinya juga tetap ber-extensi *.avi

Realmedia/rmvb
Merupakan format multimedia keluaran RealNetworks. Hasil kompresinya dari segi ukuran file akan sangat kecil jika dibandingkan dengan DivX ataupun XviD oleh karena itu biasa digunakan untuk keperluan fileSharing (Bittorrent, eDonkey dan Gnutella).Hasil kompresinya biasanya ber-extensi *.rmvb atau *.rm

H264
H.264 adlah nama lain dari MPEG-4 Part 10 atau AVC (Advanced Video Coding), yaitu codec video digital untuk melakukan kompresi data tingkat tinggi.
Codec ini ditulis oleh ITU-T Video Coding Experts Group (VCEG) bersama ISO/IEC Moving Picture Experts Group (MPEG), sebagai suatu produk kolektif yang dikenal dengan nama Joint Video Team (JVT).
H.264 mempunyai sejumlah fitur yang dapat mengkompresi data video lebih efektif dari standar sebelumnya, dan mempunyai tingkat fleksibillitas yang lebih tinggi terhadap aplikasi dan jaringan.

x264
adalah sebuah pustaka perangkat lunak bebas untuk meng-encode stream video ke format H.264/MPEG-4 AVC. x264 dirilis di bawah pasal-pasal Lisensi Publik Umum GNU.
x264 adalah jenis kompresi video untuk menghasilkan kualitas yang baik dan mengurangi ukuran data. Misal, kamu rekam video dengan handycam, disimpan dengan ukuran 2GB, lalu kamu kompres dengan metode kompresi x264, maka bisa menghasilkan ukuran data 500MB tanpa mengurangi kualitas video(secara drastis).


3 . Beberapa software codec tersebut antara lain :
Dengan codec ini anda dapat memainkan atau memutar beberapa format musik atau video dalam sebuah player.
Dengan Codec ini anda dapat memuter berbagai jenis format video pada video player seperti Microsoft Media Player, Mpg Player, dll.
Codec Pack ini digunakan untuk orang-orang yang suka mengedit video, dimana bila aplikasi video mereka tidak mendukung salah satu format video dan audio, maka dengan diinstallnya codec ini maka aplikasi editing tersebut dapat mengedit format video maupun audio

0 komentar:

Posting Komentar