Pages

Kamis, 20 Maret 2014

Kualitas Film Terlengkap

Pernah denger kata CAM, TS, HDRip, Blu-Ray Rip dan segala macem?
Nyari di internet tentang pengertiannya tapi Cuma tulisan doang? Cape ya~

Kalo kamu seorang pencinta film (khususnya bajakan dari internet) pasti mengerti apalah arti dari kata tersebut..

Yup, CAM dan teman temannya ada kualitas dari suatu film, untuk itu Blogger kali ini akan memposting jenis kualitas, pasti beda tho? Yuk kita ulas

Handycam / Camcorder (CAM)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLaIEhtHWosFiisLtWk2IOV7aaoj5TSpHz1uwPH9bWmn_jx5VOiYzwWCrINaAAoQIpfQHaDQSQ9XbDB6V6KqAl1VUzOX26z9AOM7YznHVY4EvNPz06qIFJ7iBX17A-o95Y7QhGoxSuIu8y/s640/Iron+Man+3+2013.jpg



http://media.gizmodo.co.uk/wp-content/uploads/2013/04/Screen-shot-2013-04-24-at-3.17.17-PM.png





Format CAM ini format yang paling jelek gan, gambarnya kadang goyang, ada suara orang, dan bahkan suka ada orang yang lewat, soalnya direkam manual dari bioskop gan.
semuanya tergantung dari si Ripper / Pembajak itu sendiri, kalo kameranya bagus, Rippernya nggak jauh dari layar, hasilnya ya bisa jadi HDCAM..
kalo misalnya mau download? Disaranin nggak usah deh.. kecuali kalo emang udah penasaran ama si film, bisa jadi pertimbangan..
Waktu rilis bajakan = <1 minggu setelah keluar di bioskop

Label Jenis Cam = CAMrip, CAM


TeleSync (TS)

http://s10.postimg.org/adv6kaxwp/Rim_2013_TS_s.jpg

http://s23.postimg.org/j6wyeoj7f/image.jpg


Secara visual, kualitas TS dan CAM tidak ada bedanya. TS memiliki kualitas yang “sama buruknya” dengan CAM. Yang membedakan, kualitas TS sudah ditambahi dengan audio eksternal sehingga lebih enak didengar. Memang, kualitas suara TS lebih baik dari CAM. Namun, terkadang penambahan audio eksternal tidak sinkron dengan artikulasi mulut aktor dan aktrisnya, atau terkadang banyak suara-suara dari luar yang cukup mengganggu. Layak untuk di-download? Tentu tidak!
Waktu Rilis Bajakan = 3-5 Hari setelah versi CAM rilis
Label Jenis TeleSync = TS / Telesync, PDVD


Video-On-Demand Rip (VODRip)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikI6T89AqjHaVRSeyq0-gcNCeOpVGjPb7yndDHS5md6x_v5TQemok8LvPyvdrXGrU3gBVSDiPsru_Unj9EXx-HqVRdYfUyfBsdCLS6zOJEDklvlW7JJVu0YplT0vXRdIgkpMW5WEChtzA/s1600/The+Conjuring+(2013)+VODRip+Screen.jpg

http://img825.imageshack.us/img825/9490/14446491.jpg


VODRip singkatan dari Video-On-Demand Rip. Hal ini dapat dilakukan dengan merekam atau menangkap video / film dari layanan On-Demand seperti melalui layanan kabel atau TV satelit. Kebanyakan layanan akan menyatakan bahwa ripping atau menangkap film merupakan pelanggaran kebijakan penggunaan mereka, tetapi hal ini menjadi lebih dan lebih populer karena membutuhkan teknologi sedikit atau setup. Karena ada banyak online On-Demand layanan yang tidak membutuhkan seseorang untuk menghubungkan TV dan komputer. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak untuk mengidentifikasi alamat sumber video dan men-download sebagai file video yang sering metode yang menyandang kualitas hasil akhir terbaik. Namun, beberapa orang telah menggunakan Cams layar yang secara efektif catatan, seperti kamera video, apa yang ada di bagian tertentu dari layar komputer tetapi begitu internal, membuat kualitas tidak berkualitas HD namun demikian secara signifikan lebih baik dari CAM atau TELE-SYNC versi film dari layar bioskop, TV atau komputer.
Waktu Rilis Bajakan = ? VODRip sampai saat ini belum terlalu awam
Label Jenis Video-On-Demand = VODRip


WorkPrint (WP)




Salinan yang dibuat dari versi yang belum selesai dari film yang diproduksi oleh studio. Biasanya workprint telah hilang efek dan overlay, dan sering berbeda dari rilis di bioskop. Beberapa workprints memiliki penanda waktu indeks berjalan di sudut atau di bagian tepi atas, beberapa juga termasuk watermark. Workprint dapat berupa versi dipotong, dan hilang beberapa bahan yang akan muncul di akhir film.
Waktu Rilis Bajakan = Udah jarang film yang membuat versi WPnya
Jenis Jenis WorkPrint = WP / Workprint


TELECINE (TC)


Sebuah mesin telecine salinan digital film dari gulungan. Suara dan gambar harus sangat baik, namun karena peralatan yang terlibat dan biaya telecines cukup jarang. Umumnya film akan berada dalam aspek rasio yang benar, meskipun telah ada 4:3 telecines. Sebuah contoh yang bagus adalah Jurassic Park 3 TC dilakukan sejak tahun lalu. TC tidak boleh dikacaukan dengan timecode, yang merupakan konter pada layar terlihat di sepanjang film.
Waktu Rilis Bajakan = Udah jarang juga film yang bikin versi TC
Label Jenis TeleCine = TC


Pay-Per-View (PPV)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg941DJC0NCJmf6ZV_SH5YJ5vWTlxkxE1IbjdMfizSpj8CxHET9gZm55j8sXeoxNZA9LhpBa8Jfixxnmgh_smk-EpM0QXtphUL3gc-OC3A1mRnZTc0_c9nm-glZdkQzcSXyHx6e2r5vSWs/s400/zz.jpg


http://hdwallpapersci.com/wp-content/uploads/2014/01/bvd.jpg


PPVRips datang dari Pay-Per-View sumber, semua rilis PPVRip adalah merek film baru yang belum dirilis ke Screener atau DVD tetapi tersedia untuk dilihat oleh pelanggan Hotel.
Untuk kualitas sudah lumayan bagus, tetapi masih ada PPVRip yang masih kalah ama film DVD Region, ukurannya juga lumayan kecil, tetapi jarang keberadaannya, karna lebih banyak ke acara olahraga.
Waktu Rilis Bajakan = ?
Label Jenis Pay-Per-View = PPV dan PPVRip




DVD-Screener (DVDScr)


http://www.duniaku.net/wp-content/uploads/2011/04/duniaku-kualitas-41.jpg


Ini adalah awal DVD atau BD rilis dari versi teater film, biasanya dikirim ke ulasan film, Akademi anggota, dan eksekutif untuk tujuan review. A screener biasanya memiliki pesan overlay pada gambar, dengan kata-kata yang mirip dengan: “Film Anda menonton adalah salinan promosi, jika Anda membeli film ini di sebuah toko eceran silahkan hubungi 1-800-NO-COPIES untuk melaporkannya.” Selain itu, beberapa studio film merilis screeners mereka dengan sejumlah adegan durasi bervariasi ditampilkan dalam hitam-putih . Selain pesan, dan sesekali B & W layar, screeners biasanya kualitas hanya sedikit lebih rendah dari retail DVD-Rip, karena investasi lebih kecil dalam menguasai DVD untuk jangka terbatas. Beberapa bajakan screener dengan pesan overlay bisa dipotong untuk menghapus pesan dan mendapatkan dirilis mislabled sebagai DVD-Rips.Catatan: Screeners membuat pengecualian kecil di sini, karena konten mungkin berbeda dari versi ritel, dapat dianggap sebagai kualitas lebih rendah daripada DVD-Rip (bahkan jika screener tersebut bersumber dari DVD).
Waktu Rilis Bajakan = Kurang lebih 1 bulan setelah rilis di bioskop
Label Jenis DVDScreneering = SCR, Screener, DVDScr, BDSCR


Distributed Digital Copy (DDC)

http://bluraymedia.ign.com/bluray/image/article/122/1220773/Digital_Copy_art_1331759738.jpg


DDC pada dasarnya sama sebagai Screener, tapi dikirim secara digital (ftp / http / dll.) Untuk perusahaan, bukan melalui sistem pos. Hal ini membuat distribusi lebih murah. Kualitasnya lebih rendah dari salah satu dari R5 tetapi lebih tinggi dari sebuah Cam atau Telesync.
Waktu Rilis Bajakan = DDC = Screener (1 Bulanan)
Label Jenis Distributed Digital Copy = DDC


R5 / DVD Region

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgT5jzdLOGRy8BJhoOoIWbtmPEK36l0ZJFu_zd6EOBMpT2qEikku46LHeo2ljcMcp_IqBiDMPE88miXosF5-jc5pDZKG-H9cn7FFR6Z2dFlKnqVa4azu0p-U4sf-sPjC9CxP29FAwjVQ2U/s400/ss+The+Avengers+2012.jpghttp://img72.imageshack.us/img72/644/ironmanvsthorintheaveng.jpg



Merujuk pada kualitas DVD Region 5 yang khusus dirilis di Negara-negara bekas Uni Sovyet, seperti Ukraina. DVD Region 5 memang biasanya dirilis lebih cepat daripada DVD Original karena tidak memiliki tambahan fitur-fitur spesial seperti DVD Original, dan juga membutuhkan budget yang lebih sedikit dibandingkan dengan membuat DVD Original. Seringkali, DVD Region 5 ini dibajak dan diselundupkan, sehingga muncul di internet lebih cepat dibandingkan di toko. Kekurangan lain, DVD Region 5 ini masih belum memiliki audio dalam bahasa Inggris, sehingga banyak Ripper (sebutan orang-orang yang me-rip DVD kedalam bentuk digital) harus menambahkannya sendiri. Kualitas ini juga sudah layak untuk di-download, dan menurut saya jika ingin menonton film hasil Download, R5 adalah kualitas minimal agar kamu bisa menonton dengan nyaman.


Q =Trus, apa bedanya R5 sama R5 LiNE ?
A = Nah, sebenernya LiNE itu sendiri nama Pihak yang ngeluarin bajakan tersebut.
Q = Trus apa bedanya?
A = Arti lain dari LiNE sendiri adalah Garis Audio.. (maksudnya suaranya lebih bersih)
Q = ok.. tq tq..


Daftar Region Code DVD

R0 Tidak Daerah Coding
R1 Amerika Serikat, Kanada
R2 Eropa, termasuk Perancis, Yunani, Turki, Mesir, Saudi, Jepang dan Afrika Selatan
R3 Korea, Thailand, Vietnam, Kalimantan dan Indonesia
R4 Australia dan Selandia Baru, Meksiko, Karibia, dan Amerika Selatan
R5 India, Afrika, Rusia dan bekas Uni Soviet negara
R6 Republik Rakyat Cina
Tidak digunakan R7
R8 Airlines / Kapal Cruise
R9 Ekspansi (sering digunakan sebagai daerah bebas)
R1 dan R2 dianggap kualitas terbaik.
DVDRip
http://dump.bz/storage1/0713/th_FJYjWE40iH3pC5i7FFG23ZiMwXwAtFx8.jpg
http://www.diariodenavarra.es/uploads/imagenes/bajacalidad/2013/04/01/_gijoe_b1a3aca7.jpg
yaitu merupakan salinan dari DVD Original. Kualitas gambar dan suaranya baik sekali. DVDRip akan ada jika DVD Originalnya telah ada di pasaran. Bisa mendukung maksimal 720x480 atau 720x576.
Sebuah versi eceran akhir dari sebuah film, biasanya dirilis sebelum itu tersedia di luar yang berasal wilayah . Seringkali setelah satu kelompok pembajak melepaskan berkualitas tinggi DVD-Rip, “ras” untuk melepaskan bahwa film akan berhenti. Karena kualitas tinggi, DVD-Rips umumnya mengganti salinan sebelumnya yang mungkin sudah telah beredar.
Waktu Rilis Bajakan = 2-3 Bulan setelah rilis di bioskop
Label Jenis DVDRip = DVDRip


Website Ripped (WEBRip / WEB-DL)

http://102.imagebam.com/download/gO4njtQTWb6QNlryYSUOlQ/21815/218145875/Savages.2012.UNRATED.WEBRIP.XVID.AbSurdiTy_s.jpg

http://imageshack.us/a/img51/7691/58629009.png


WEBRip adalah versi hasil rip (salinan) dari sebuah Website dengan kualitas bagus. 
WEB-DL biasanya bersumber dari iTunes Store atau Web-web penyedia tayangan film/TV dengan kualitas baik. Biasanya WEB-DL memiliki kualitas lebih baik dari HDTV karena menggunakan DD 5.1, maka ukuran file-nya pun lebih besar dari HDTV. Di versi WEB-DL juga biasanya tidak terdapat logo TV / iklan berjalan dibawah layar seperti yang terdapat di versi HDTV 
Waktu Rilis Bajakan = 2-4 Minggu setelah keluar DVDRip / lebih cepat
Label Jenis Website Rip = WEBRip, WEB-DL, R WEBRip


Q = Bedanya WEBRip dan WEB-DL?
A = WEBRip itu biasanya masih region, sedangkan WEB-DL udah nggak..
Q = Kalo kualitasnya?
A = WEBRip itu masih rancu, sebagian WEBRip gambarnya masih rada pecah-pecah, dan nggak jarang masih ada hardsub nya, kalo WEB-DL udah hampir setara ama Blu-Ray Rip


Note = Pengalaman Blogger,  pernah download Thor : The Dark World R6 WEBRip, dan gambarnya kacau banget, mana hardsub gede gede, jadi mending nunggu WEBDL aja yang jauh lebih jernih,


Mini/micro HD (mHD)



Mini / micro HD, HD yang dimaksud disini adalah Blu-Ray. mHD nggak kalah bagus ama Blu-Ray dari segi suara dan gambar, tapi, salah satu kekurangannya adalah, mHD mengencode gambar dari Blu-Ray sehingga resolusi nya lebih kecil, sekitar 1280x5xx, karna itu, gambar rada pecah jika dimainkan full screen.


Blu-Ray Rip (BRRip, BDRip)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgXosZYtiXehFzluIIJaWK97rXir5qBGXKBo-yP15sqLgRo844r0gIQaQVGYZgVyV2usdt7HJ-xmP3K3CrAVBgw-8F_P7cB4m2_pK20R04hTi0Iqb9G4MoIRofaJPtmpX4LlYZAWa3zeFpi/s1600/Atlantic+Rim+robots+fighting+monster+in+Manhattan.jpg

http://s.cdon.com/media-dynamic/images/product/movie/blu-ray/image4/atlantic_rim_blu-ray-24725372-frntl.jpg


Siapa yang nggak kenal Blu-Ray Rip? Kualitas terbaik dalam film bajakan..
Resolusi jauh lebih besar yaitu 1920x1080 atau 1280x720 (tergantung filenya). Konsekuensinya, file jadi besar dan memutarnya juga berat, sehingga diperlukan spesifikasi komputer yang tinggi juga. kalau tidak nanti jadi patah-patah. Kualitas ini jauh lebih baik dari DVDRip. Karna di bajak dari dari kaset Blu-Raynya sendiri, gambar dan suaranya sangat jernih
Waktu Rilis Bajakan = 4-6 Bulan, Bisa lebih cepat / lebih lama
Label Jenis Blu-Ray = BDRip, BRRip,  BDR, BD5/BD9


Q = Bedanya BRRip dengan BDRip ?
A = pengertiannya dulu ya


BRRip = An XviD encode from a Blu-Ray release (i.e. a 1080p *.mkv file).
BDRip = An XviD encode directly from a source Blu-Ray disk.


Yang artinya, BRRip itu bajakan dari kaset film ilegal alias udah di Bajak,
Sedangkan BDRip nge rip dari Blu-Ray Disk yang aslinya,
Tidak ada beda kualitasnya, namun BRRip mempunyai kemungkinan rusaknya Aspect Ratio, sedangkan BDRip nggak ada kemungkinan rusak.
Sisa kualitasnya, tergantung dari si encoder.


Ok, itu sebagian jenis kualitas film yang Blogger bisa sebutin, masih banyak diluar sana kualitas seperti HDTS, HDCAM, HDRip, TVRip, HDTVRip dan segala macam.


Jadi, urutan kualitasnya mungkin seperti ini


Urutan Umum
CAM > TS > DVDScr > Region DVD > Region WEBRip > DVDRip > WEB-DL > BRRip / BDRip


Dan Urutan Yang Lebih Lengkap
CAM > TS > VODRip > WP > TC > PPVRip > DVDScr > DDC > Region DVD > Region WEBRip > DVDRip > WEB-DL > mHD > BRRip / BDRip


Mungkin itu doang yang bisa Blogger sebutin, semoga menambah ilmu mengenai perfilman kalian, salam MovieBanker..


Postingan ini 100% Blogger yang buat, untuk itu, hargailah~

9 komentar:

Jelita Putri mengatakan...

terima kasih gan, sangat mencerahkan
main juga ke blog saya ya

Free Download Movie via Google Drive
Sebagian besar Bluray Rip 1080p

Anonim mengatakan...

gan posting yang HDTS dong, saya masih ga ngerti


sebelumnya terimakasih

danasahabat.blogspot.com mengatakan...

BANTU PROSES DANA INSTAN KTA TANPA JAMIMAN DAN KARTU KREDIT LIMIT 10-200 JUTA, SYARAT HANYA FC KTP, SLIP GAJI MIN 3/6 JUTA, ATAU KARTU KREDIT LIMIT MIN 7 JUTA USIA 1 TAHUN, NPWP DAN COVER TABUNGAN, BUNGA KTA MULAI 0.99%-1.8% PROSES MAKSIMAL 14 HARI KERJA, MELAYANI NASABAH SELURUH INDONESIA, AMAN, TERJAMIN, UNTUK INFO HUB chairul sarto utomo tlp/sms 085600125176 pin 57EF6EF6 , BERKAS FC KTP, SLIP GAJI, NPWP, COVER TABUNGAN, KARTU KREDIT BISA DIKIRIM VIA EMAIL rooly88@gmail,com atau inbok di fb Chairul Ichsan Buana,. alamat kantor BANK ANZ GEDUNG PANDANARAN SEMARANG

Unknown mengatakan...

luar binasa penjabarannya kang,buat pencinta flem

Unknown mengatakan...

mau retype kalimat
"Kalo kamu seorang pencinta film (khususnya bajakan dari internet) pasti mengerti apalah arti dari kata tersebut.."

haha,,ternyata orang2 seperti saya memang ada,,pecinta film bajakan,
tapi tidak asal bajakan.

nice post.

Anonim mengatakan...

infonya bermanfaata sekali gan.. terimakasih

NFO mengatakan...

jadi begitu ya

zozoclip mengatakan...

jadi tau ane kualitas film

Muhammad Ichsan Erbakan mengatakan...

Info yang sangat bermanfaat (y)
izin share ya mas :)

Posting Komentar